MENGENAL MAJALENGKA LEWAT SEPAKBOLA
Suatu Kabupaten/Kota akan mudah dikenal, diketahui, dan diingat apabila memiliki klub sepakbola profesional yang berprestasi dan tentunya berlaga di kompetisi tertinggi di dalam negeri. Nama Persib sangat melekat dengan Bandung, Persebaya yang mewakili masyarakat Surabaya, dan Persija yang tidak bisa dipisahkan dari ibu kota Jakarta adalah tiga contohnya. Hal ini karena sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia dan di Indonesia. Menurut survei yang dilakukan Skala Survei Indonesia pada tahun 2017, 90% orang Indonesia setidaknya mengetahui olahraga mengolah kulit bundar tersebut. Begitupun di skala yang lebih besar, dunia. Menempatkan sepakbola sebagai olahraga yang paling populer di atas kriket, tenis, ataupun lari dari kenyataan.
Melihat hal tersebut, banyak orang yang mulai menganggap sepakbola lebih dari sekadar olahraga, tapi menjelma menjadi industri yang menjanjikan. Tidak heran jika banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk menjadi sponsor klub sepakbola, agar produknya dipromosikan dengan cara melekat di jersey. Indofood dan Gojek bercokol di jersey Persib Bandung tahun lalu, Kopi Kapal Api dan Biore ada di jersey Persebaya Surabaya, Indomie dan Torabika di Arema, Garuda Indonesia di Liverpool hingga Fly Emirates di Arsenal.
Sayangnya, sejauh ini belum ada perusahaan yang berani jor-joran menjadi sponsor bagi Persima Majalengka. Salah satu pertimbangannya adalah Persima belum mampu berbicara banyak di kancah sepak bola Indonesia. Jangankan berlaga di kasta tertinggi, untuk lolos dari liga tiga saja Persima belum mampu, dua tahun terakhir kandas di fase grup Provinsi.
Memang sulit jika sekarang berharap Persima Majalengka mendapatkan sponsor seperti klub sepakbola yang sudah memiliki nama dan berprestasi di kancah Nasional. Salah satu solusinya adalah andil dari pemerintah. Meskipun dana APBD sekarang tidak diperbolehkan digunakan untuk operasional klub, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu Persima memiliki dana yang cukup untuk membangun tim yang solid sehingga bisa bersaing lebih jauh lagi.
Pertama, menjadi sponsor
Sah-sah saja apabila Pemerintah Kabupaten Majalengka menjadi sponsor utama untuk Persima. Apalagi dengan gencarnya promosi Pariwisata di Majalengka, ini bisa jadi alternatif untuk mempromosikan Majalengka sekaligus membantu Persima agar bisa mendapat dana yang cukup dalam membangun tim, dan berimbas pada peningkatan prestasi. Tulisan “Hayu ke Majalengka” atau “Majalengka Unexpected Journey” bisa menghiasi jersey Persima, sehingga setiap Persima bermain, penonton yang datang akan melihat tulisan tersebut.
Promosi serupa pernah dilakukan oleh pemerintah Malaysia dan Azerbaijan. Pada tahun 2014, tulisan “Visit Malaysia” menghiasi jersey klub sepakbola Spanyol, Sevilla. Sedangkan tagline “Azerbaijan Land of Fire” ada di jersey klub Atletico Madrid. Adanya kedua nama Negara tersebut tentu tidak sembarangan, melainkan pertimbangan dari dewan/kementrian pariwisata di Negara masing-masing. Dikutip dari suharyantobjm com, dana yang digelontorkan oleh Azerbaijan untuk menjadi sponsor Atletico Madrid mencapai angka 12 Juta Euro, jika dirupiahkan mencapai 194 milyar! Angka yang fantastis.
Kedua, menjadi perantara untuk mendapatkan sponsor bagi Persima Majalengka banyak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Majalengka. Hal tersebut sangat menguntungkan apabila dimanfaatkan dengan baik oleh Persima dan juga Pemerintah Kabupaten Majalengka. Meskipun yang bertindak secara langsung untuk menggaet sponsor adalah Manajemen Persima, peran pemerintah adalah mengajak, menyarankan, ataupun menghimbau perusahaan yang ada di Majalengka untuk menjadi sponsor Persima.
Kedua hal tersebut merupakan simbiosis mutualisme bagi Pemerintah Kabupaten Majalengka dan Persima. Persima akan mendapat dana dari sponsor yang mencukupi untuk biaya operasional sehari-hari dan dalam hal transfer pemain. Pemerintah Majalengka juga akan mendapatkan promosi terhadap wilayahnya, bagaimanapun Persima akan selalu membawa nama Majalengka dalam mengikuti kompetisi-kompetisi sepakbola, yang secara tidak langsung akan mengenalkan Majalengka ke seluruh masyarakat Indonesia.
Comments
Post a Comment